Pages

Selasa, 15 April 2014

Tugas Besar Studio Bentuk 2



TUGAS BESAR STUDIO BENTUK 2

Selamat bertemu kembali sahabat pembaca, dipostingan kedua kali ini saya akan memposting tentang tugas besar UTS saya yaitu tentang desain rumah tinggal 2 lantai  untuk seorang klien dosen. Sebuah tugas yang studio yang menguras tenaga hati dan pikiran hehehe (maklumlah masih newbie).. Okelah langsung saja saja saya mulai tanpa basa-basi..

Saya mendapatkan Site 1 yaitu terletak di daerah Maguwoharjo, deket selokan mataram dengan luas lahan 15x20 atau sekitar 300 m2
Gambar 1.1 Lokasi Survey Site 1














Sesuai dengan permintaan klien, saya mendesain rumah tinggal tersebut dengan konsep tropis modern. karena klien meminta beberapa ruang harus menghadap taman dan terdapat taman/view air didalam ruang. Dengan konsep itu sehingga semaksimal mungkin bisa memasukan udara dan sinar kedalam ruangan tanpa terganggu dengan aktivitas diluar. Karena lokasi site yang berada di dekat persimpangan jadi desain harus memiliki 2 fasad agar bisa merespon lingkungan yang ada.

Gambar dibawah ini merupakan contoh progamming dari suatu desain, yang dikembangkan menjadi denah. Karena sebelum membuat sebuah denah perlu memperhitungkan dan menganalisa kebutuhan dan aktivitas pengguna rumah tersebut
Gambar 1.2 Bubble Diagram ruang

Gambar 1.3 Bubble Diagram Aktivitas
 Berikut ini adalah gambar kerja tentang desain saya pada tugas besar uts studio bentuk 2, yang terdiri dari siteplan, denah 2 lantai, dan maket.

Gambar 1.4 Site Plan Rumah Tinggal

Gambar 1.4 Denah Lantai 1

Gambar 1.5 Denah Lantai 2
Setelah menyelesaikan gambar kerja selanjutnya saya masih harus membuat sebuah maket untuk tugas besar, untuk maket sendiri saya menggunakan peralatan yang sederhana dn dikerjakan manual (maklum baru semester 2 hehe). Saya membuat maket tersebut dengan bahan dasar ivori dan karton dengan sedikit kombinasi bahan lain.
Gambar 2.1 Maket terlihat pada fasad  1

Gambar 2.2 Maket terlihat dari fasad 2



Gambar 2.3 Tampak dari sudut 3 dimensi bangunan

Gambar 2.4 Maket tampak dari atas atau atap
Akhirnya selesai juga tugas besar yang penuh perjuangan walaupun saat diambil kembali maket sedikit rusak karena tangan tangan jahil hehe tapi tak papa, yang penting prosesnya. demikian yang bisa saya posting semoga bisa bermanfaat, jangan lupa ya beri komentar dan tetap kunjungi blog saya.
Selamat malam, Salam begadang !!!!

0 komentar:

Posting Komentar